Berita Kabupaten Kepulauan Tanimbar
Saumlaki, mediatifatanimbar.id- Bank Mandiri terus menunjukkan komitmennya dalam mendukung pertumbuhan ekonomi dengan meningkatkan kualitas layanan perbankan di berbagai daerah. Termasuk relokasi Kantor Cabang Pembantu (KCP) Saumlaki di Kabupaten Kepulauan Tanimbar ke lokasi yang lebih strategis dengan infrasturktur dan fasilitas yang lebih lengkap guna menunjang kebutuhan finansial masyarakat Kabupaten Kepulauan Tanimbar yang semakin berkembang dan variatif.
AVP Transaction & Funding Bank Mandiri, Fadly Rahim menjelaskan, langkah ini merupakan bagian dari strategi perseroan untuk memperluas dan memperkuat akses layanan perbankan kepada masyarakat. Sekaligus dapat mendukung pertumbuhan ekonomi nasional berbasis kerakyatan yang inklusif.
“Kami berkomitmen untuk menghadirkan layanan yang menyeluruh, memudahkan masyarakat dalam mengakses layanan perbankan, dan berkontribusi terhadap pengembangan ekonomi lokal,” ujar Fadly saat peresmian KCP Bank Mandiri Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Provinsi Maluku, Senin, 16/12/2024.
Lebih lanjut dirinya menjelaskan, peningkatan layanan ini sejalan dengan pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Kepulauan Tanimbar yang mencatatkan angka impresif.
“Tercatat, pada kuartal II 2024, pertumbuhan ekonomi di wilayah ini berhasil meningkat mencapai 4,2%, dengan nilai Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) sebesar Rp 1,5 triliun. Jika dirinci, sektor pertanian, kehutanan, dan perikanan menjadi penyumbang utama dengan pertumbuhan yang berkelanjutan sebesar 5,8%, diikuti oleh sektor industri pengolahan yang punya andil besar dalam pertumbuhan ekonomi Provinsi Maluku,” ujar Fadly.
Lebih lanjut, Fadly menambahkan pencapaian pertumbuhan tersebut turut didukung oleh sinergi antara pemerintah, sektor swasta dan masyarakat.
“Untuk itu, Bank Mandiri hadir untuk memperkuat ekosistem yang sudah ada dengan menyediakan fasilitas serta layanan terintegrasi untuk mendukung kebutuhan keuangan, investasi, dan pengembangan usaha masyarakat di wilayah Tanimbar,” ungkapnya.
Sebagai informasi, KCP Saumlaki yang mulai beroperasi sejak 31 Oktober 2016 telah mengalami transformasi signifikan, termasuk menjadi cabang regular pada tahun 2021. Kini, dengan relokasi ke lokasi baru, Bank Mandiri menawarkan layanan Full Branch yang lengkap dan siap memenuhi kebutuhan nasabah korporasi maupun ritel, mencakup seluruh layanan mulai dari transaksi, pendanaan, hingga fasilitas kredit.
“Relokasi ini adalah bukti nyata komitmen kami dalam mendekatkan pelayanan kepada masyarakat dan memastikan kenyamanan nasabah dalam bertransaksi,” jelas Fadly.
Tidak hanya itu, Bank Mandiri juga memperluas jangkauannya melalui optimalisasi 32 Mandiri Agen yang tersebar di Kepulauan Tanimbar, yang dipastikan akan semakin memudahkan masyarakat yang jauh dari kantor cabang untuk tetap mendapatkan akses perbankan.
Sebagai bagian dari transformasi digital, Bank Mandiri memperkenalkan aplikasi Super App Livin’ by Mandiri untuk nasabah ritel dan Kopra by Mandiri untuk nasabah korporasi.
“Harapan kami adalah untuk terus menjadi mitra yang mendukung pertumbuhan ekonomi daerah, memberdayakan pengusaha lokal agar dapat berkembang tidak hanya di pasar nasional, tetapi juga internasional,” pungkas Fadly.
Tentang Bank Mandiri
Bank Mandiri merupakan salah satu bank terkemuka di Indonesia dengan layanan finansial kepada nasabah yang meliputi segmen usaha Corporate, Hubungan Kelembagaan, Commercial, Micro & SME, Consumer Banking, Treasury dan International Banking. Bank Mandiri pada saat ini bersinergi dengan beragam perusahaan anggota konglomerasi keuangan Mandiri Group untuk menyediakan bermacam produk dan jasa serta mendukung bisnis utamanya yaitu: Mandiri Sekuritas (jasa dan layanan pasar modal), Bank Syariah Indonesia (perbankan syariah), Bank Mandiri Taspen/Mantap (kredit UMKM), AXA-Mandiri Financial Services (asuransi jiwa), Mandiri Tunas Finance (jasa pembiayaan), Mandiri Utama Finance (jasa pembiayaan), Mandiri International Remittance (remitansi), Mandiri Europe (treasury & financial institution), Mandiri Capital Indonesia (pembiayaan modal ventura), dan Mitra Transaksi Indonesia (payment point online bank). Melalui kolaborasi ini, seluruh anggota grup keuangan Mandiri Group memiliki kinerja solid dan menjadi pemain utama di segmen bisnis masing-masing.
Dalam ekspansi bisnis, Bank Mandiri terus mengembangkan layanan dan produk perbankan digital yang mampu memenuhi berbagai kebutuhan nasabah korporasi dan retail. Kopra by Mandiri merupakan solusi digital bagi industri nasional yang menyatukan para korporasi sampai pelaku usaha kecil menengah dalam suatu ekosistem digital single access yang sangat mudah dan solutif seperti layanan Cash Management, Forex, Trade & Guarantee, Supply Chain Management, Virtual Account sampai solusi keuangan terintegrasi berbasis Application Programming Interface (API). Sedangkan layanan digital retail meliputi aplikasi Livin’ by Mandiri, kartu prabayar Mandiri e-money, serta layanan informasi berbasis kecerdasan buatan Mandiri Intelligent Assistant (MITA) pada akun resmi WhatsApp Bank Mandiri di +62 811-84-14000.
Hingga September 2024, jaringan Bank Mandiri telah tersebar di seluruh Indonesia yang meliputi 139 Kantor Cabang (KC) dan 2.056 Kantor Cabang Pembantu (KCP). Layanan distribusi Bank Mandiri juga dilengkapi dengan 12.884 unit ATM, CRM dan CSM yang terhubung dalam jaringan ATM Link, ATM Bersama, ATM Prima dan Visa/Plus, 257.676 Electronic Data Capture (EDC) serta jaringan e-banking yang meliputi Livin’ by Mandiri, SMS Banking dan Call Center 14000.
Informasi detail tentang Bank Mandiri bisa diakses melalui www.bankmandiri.co.id
(TT : Redaksi)