Uskup Diosis Amboina, Resmikan Rumah Pastoran Paroki St.Mathias Saumlaki

March 26, 2023
IMG-20230326-WA0001

Berita Kabupaten Kepulauan Tanimbar.

Saumlaki, mediatifatanimbar.id- Uskup Diosis Amboina, MGR Seno Ngutra.Pr mengatakan bahwa Pastoran yang megah yang dibangun tentunya dari keringat umat sendiri. Ungkap Uskup saat pelaksanaan peresmian dan pemberkatan Pastoran Paroki St. Mathias Saumlaki bertempat di halaman Gereja St. Mathias Saumlaki, senin 20/3/2023

” Uskup Diosis Amboina, MGR Seno Ngutra.Pr dalam sambutannya mengungkapkan, senang berjumpa kembali  dengan umat, para Imam, Biarawan/Biarawati, Dewan pastoral Stasi, tokoh umat dan tokoh adat.”

Menurutnya, maksud pertama adalah bersyukur bahwa pastoran megah yang dibangun tentunya dari keringat umat, itu penting.

“Saya berharap gedung pastoran yang megah ini selain menjadi tempat tinggal Pastor bersama dengan program Dewan Pastoral Paroki, tetapi hendaknya Gedung ini terbuka untuk semua umat siapapun dia. Karena pengalaman yang dialami kadang-kadang pastoran itu dilarang bagi Orang Muda Katolik (OMK).”

Kedua, dengan biaya yang cukup fantastic ini, umat bangga bahwa gedung dibangun dari umat dan juga untuk umat.

“Saya mengimbau gereja dan pastoran sudah megah maka dirinya berharap agar paroki ini harus menjadi paroki yang bersifat misioner artinya jika stasi pinggiran seperti MBD yang membutuhkan  pembangunan gereja atau pastoran kita harus menunjukan kami bisa untuk itu karena kita hidup untuk orang lain, tandas uskup.”

Yang menjadi kewajiban saya selaku Uskup di wilayah ini pertama, saya bersyukur, karena Tuhan memilih saya sebagai Uskup di sebuah keuskupan yang penuh tantangan. Kedua, membawah semua pergumuluan umat iman keuskupan ini kepada Tuhan. Ketiga, punya keyakinan bahwa Tuhan tak pernah terlambat untuk menolong, tuturnya.

Apresiasi Uskup Diosis Amboina, kepada Pastor Sipe yang merupakan contoh kongkrit kepada para Imam adalah mempersiapkan yang terbaik bagi penggantinya, Uskup apresiasi diberingi dengan ucapan terima kasih kepada Pastor Sipe selaku wakil Uskup.

Sebelum mengakhiri sambutannya Uskup Diosis Amboina, MGR Seno Ngutra.Pr menyampaikan rasa hormat dan terima kasih kepada semua umat, donatur dan bagi siapa saja dengan cara yang istimewa yang mendukung sehingga terselesainya gedung pastoran ini dengan baik.

“Tegas Uskup kepada Wakil Uskup untuk Kepulauan Tanimbar dan MBD yang baru agar rumah pastoran ini terbuka untuk semua orang mulai dari anak-anak sampai opa oma, tidak ada kekecualian,” tutupnya.
Reporter : (MTT.03)

Editor      : Redaksi

RELATED POSTS

error: Content is protected !! Call : PT. MediaTifa Tanimbar
Hubungi Kami ?