Perdana! Di Lapas Kelas III Saumlaki, Warga Binaan Pemasyarakatan dan Tahanan Ikuti Ujian Kesetaraan (UK 2024) Paket A, Paket B, dan Paket C

May 20, 2024
Screenshot 2024-05-20 130551

Saumlaki, mediatifatanimbar.id

Lembaga Pemasyarakatan Kelas III Saumlaki (Lapas Saumlaki) terus meningkatkan kualitas Pembinaan bagi Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP). salah satunya melalui Program Pendidikan Kesetaraan Paket A, Paket B, dan Paket C yang dilaksanakan oleh PKBM Lapas Saumlaki yang mana pada dilaksanakan pada hari Minggu, 19 Mei 2024 pada ruang Ujian PKBM Lapas Saumlaki.

Kegiatan Uji Kesetaraan Paket C yang dilaksanakan oleh PKBM Lapas Saumlaki, dibuka oleh Kepala Bidang PAUD dan PNF Dikbud KKT, Ibu.Kristina Jempormasse mewakili Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kab. Kepulauan Tanimbar, Sabtu (18/5/2024) di Ruang Belajar Lapas Kelas III Saumlaki.

Kepala bidang PAUD dan PNF dalam sambutannya mengingatkan untuk mencapai cita-cita dibutuhkan syarat kelulusan, oleh karena itu memiliki ijazah merupakan suatu keharusan walaupun itu Paket yang merupakan suatu bagian dari Pendidikan Nonformal namun setara dengan Ijazah yang ada pada pendidikan Formal umumnya.

“Jangan pernah merasa minder dengan Ijzah yang akan didapatnya, tetaplah semangat belajar walupun ijazahnya Paket A, B, dan C”, imbuhnya.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Panitia Uji Kesetaraan PKBM Lapas Saumlaki, Melkianus Jempormasse, dalam laporannya menyampaikan bahwa Pelaksanaan ujian Kesetaraan ini terlaksana berkat dukungan semua pihak.

“Kita semua sadari bahwa kegiatan hari ini terlaksana berkat tuntunan Kuasa Tuhan serta dukungan dari kita semua. Walaupun ini pertama kali kita laksanakan, tapi kita tidak menemukan kendala yang berarti.

Lanjut Bung Melky yang juga sebagai Ketua PKBM Lapas Saumlaki bahwa, Peserta Uji Kesetaraan 2024 pada PKBM Lapas Saumlaki ada yang dari luar Lapas dan dari dalam Lapas yang adalah Warga Binaan Pemasyarakatan itu sendiri.

“Pelaksanaan ujian hari ini melibatkan peserta ujian yang bukan hanya terfokus pada WBP sebagai sarana Pembinaan namun juga dibuka secara umum kepada Masyarakat umum yang berada di kabupaten Kepulauan Tanimbar demi mengurangi serta menekan angka Buta Aksara dan angka Putus Sekolah demi masa depan anak cucu kita di Tanimbar ini yang lebih baik”, tuturnya.

Mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan oleh PKBM Lapas Saumlaki, Kepala Lapas Kelas III Saumlaki,  David Lekatompessy, menegaskan pentingnya pendidikan dalam kehidupan WBP dengan serta merta mengajak seluruh Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) yang akan mengikuti Uji Kesetaraan Paket C agar tetap semangat dan jangan pernah merasa bahwa semuanya sudah berakhir.

“Belajar itu sepanjang kita hidup dan jangan pernah merasa puas atas apa yang telah kita dapatkan dalam belajar. Kami sebagai satu keluarga akan tetap berbagi dengan memberikan pelbagai Layanan Pembinaan yang telah diprogramkan oleh Lapas Kelas III Saumlaki melalui PKBM Lapas Saumlaki untuk menumbuh-kembangkan minat dan bakat serta membantu para WBP mengapai cita-cita kelak akan bebas dari tempat ini, dan untuk peserta yang berasal dari luar Lapas hendaknya jangan merasa minder dengan Ijazah yang akan didapatkannya namun tetaplah untuk maju melangkah demi masa depan yang lebuh cemerlang”, harapan Kepala Lapas Saumlaki.

Acara kemudian dilanjtukan dengan penyematan tanda pengenal Ujian Kesetaraan kepada Peserta secara simbolis tanda dimulainya kegiatan ini. Jumlah peserta yang akan mengikuti Uji Kesetaraan 2024 pada PKBM Lapas Saumlaki berjumlah 28 orang terperinci sebagai berikut : Paket A : 10 orang, Laki-laki ; 10 dan Perempuan tidak ada; Paket B : 3 Orang, Laki-laki ; 2 dan Perampuan 1; dan Paket C : 16 Orang, Laki-laki ; 15 dan Perempuan 1.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Kepala Lapas Kelas III Saumlaki sekaligus sebagai Pembina PKBM Lapas Saumlaki (Bpk.David Lekatompessy) -Kepala Bidang PAUD dan PNF Dibud KKT (Ibu. Kristina Jempormasse) bersama staf – Ketua PKBM Lapas Saumlaki (Melky Jempormasse) beserta Pengurus, Penanggungjawab dan para Tutornya.

 

Reporter             : TT.01

Editor                  : Redaksi

RELATED POSTS

error: Content is protected !! Call : PT. MediaTifa Tanimbar
Hubungi Kami ?