Batkormbawa: 140 Pastor Dalam Lingkup Keuskupan Amboina Akan Hadir Dalam Muspaspas Tahun 2024

July 12, 2024
IMG-20240712-WA0007

Berita Kabupaten Kepulauan Tanimbar

Saumlaki, mediatifatanimbar.id- Wakil Ketua 1 Panitia Musayawarah Pastoral Pastoters (Muspaspas) tahun 2024 di Kabupaten Kepulauan Tanimbar dan MBD, Alowisus Batkormbawa menjelaskan bahwa, akan hadir dalam Muspaspas ini, adalah diperkirakan 140 Pastor yang sementara bertugas dalam wilayah Keuskupan Amboina. Ungkapnya kepada media ini saat di temui di ruang kerja Kamis, 11/07/2024 pkl 15.30 Wit

Menurutnya, dari 140 Pastores akan menginap di rumah Umat Katolik di 5 Paroki diantaranya; Paroki Hati Kudus Yesus di Olilit Barat, Paroki Ratu Rosario Suci di Olilit Timur, Paroki St Mathias Saumlaki, Kuasi Paroki Tritunggal Maha Kudus di Sifnane, dan Kuasi Paroki Hati Kusus di Lauran.

Selanjutnya kata Batkormbawa, bagi peserta yang sudah tiba di Kota Saumlaki tentu ada penjemputan dari umat, dan satu hal mendasar sesuai agenda Panitia yang perlu dilaksanakan adalah setiap peserta yang sudah tiba di Kota Saumlaki, wajib cek up kesehatan untuk diketahui secara pasti, sehingga pada saat pelayanan baik makan maupun minum tentu menjadi perhatian umat.

Kehadiran peserta Muspaspas sampai hari kamis 11 Juli 2024 kurang lebih 50 Pastores, pertama tiba di Tanimbar berasal dari Kei Besar dan Kepulauan Aru melalui transportasi laut, mengingat kondisi laut kurang bersahabat akhirnya turun di Kota Larat kemudian melanjutkan perjalanan ke Saumlaki dengan menggunakan transportasi darat (mobil). Dan di hari ini ada 20 Pastores menggunakan transportasi udara yaitu 10 dari Kei dan 10 dari Ambon, itu dari berbagai wilayah seperti Jailolo, Taloabu dan lainnya.

Puncak kehadiran seluruh pastores nanti di tanggal 13 Juli, Uskup Diosis Amboina bersama pastor lain dan 9 Calon Imam Baru atau Frater Diakon yang akan ditahbiskan di Tanimbar tepat di gereja Hati Kudus Yesus di Olilit Barat pada tanggal 27 Juli 2024, akan tiba di Kota Saumlaki dengan menggunakan tranportasi laut.

Diberbagai kesempatan dalam kegiatan Muspaspas tersebut, akan ada pertemuan khusus Uskup Diosis Amboina dengan anak-anak Katolik maupun dari lintas agama lain tepat di tanggal 23 Juli nanti kurang 3000 anak.” Untuk itu saya berharap agar anak-anak tersebut harus pro aktif dalam kehadiran, pertemuan tersebut terpusat di lapangan Mandwiak. Selain itu juga, akan ada pertemuan dengan pendamping Sekami dengan Uskup Diosis Amboina yang akan terlaksana pada tanggal 24 Juli di gereja Olilit.

Lebih lanjut, kata Wakil Ketua 1 dalam pembukaan nanti akan ditampilkan sejumlah atraksi yaitu dari basodara Muslim itu Tim Kasida, kemudian dari GPM itu tampilan ukulele, dan lain sebagainya. Kemudian dilanjutkan dengan launching 2 buku dari berbagai tulisan terkait dengan keagamaan, sosial kemasyarakatan dan akan ditampilkan profil paroki dari wilayah Tanimbar dan MBD.

Sebelum mengakhiri penjelasannya, dirinya menyampaikan penghargaan dan terima kasih yang setinggi-tingginya kepada semua pihak yang telah pro aktif mendukung pelaksanaan kegiatan Muspaspas tahun 2024 mulai tanggal 15-27 Juli 2024, semoga berlangsung aman dan lancar, tutupnya.

Reporter : (TT-03)

Editor.     : Redaksi 

RELATED POSTS

error: Content is protected !! Call : PT. MediaTifa Tanimbar
Hubungi Kami ?