Poly Mattitaputty : Anak adalah Agen Perubahan, Inspirasi dan Aset Masa Depan Bangsa

August 7, 2024
IMG-20240807-WA0108

Berita Kabupaten Kepulauan Tanimbar

Saumlaki, mediatifatanimbar.id- Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Kabupaten Kepulauan Tanimbar melaksanakan giat Pelatihan Anak sebagai PELOPOR dan PELAPOR bertempat di Ruang Pertemuan Villa Bukti Indah Saumlaki, Rabu, 7/8/2024, pukul 09.00.

Hadir mewakili Penjabat Bupati Kepulauan Tanimbar, Poly Matitaputty selaku Asisten Bidang Administrasi Setda Kebupaten Kepulauan Tanimbar dalam sambutannya menekankan pentingnya perlindungan terhadap hak-hak anak.

“Kegiatan ini sebagai salah satu langkah strategis untuk mengatasi persoalan anak dan juga dapat menghindari tindakan kekerasan terhadap anak di Kepulauan Tanimbar.” Ujarnya.

Lebih lanjut, Poly mengatakan giat ini sebagai bentuk perhatian pemerintah terhadap anak Tanimbar.

“Kegiatan Ini merupakan bagian dari cara pemerintah menghormati dan memenuhi hak-hak anak sesuai dengan prinsip-prinsip yang tercantum dalam konvensi hak anak. Indonesia telah mengesahkan konvensi hak anak dan Undang-Undang tentang Perlindungan Anak yang mana telah mengamanatkan hak-hak dasar anak yaitu hak untuk hidup, hak untuk tumbuh dan berkembang, hak untuk mendapatkan perlindungan dari kekerasan dan eksploitasi.” Lanjut Poly.

Dirinya mengatakan bahwa kekerasan terhadap anak sering terjadi dalam berbagai corak. Sinergitas adalah solusi strategis untuk mengatasi berbagai persoalan anak.

“Banyak masalah anak yang terjadi seperti kekerasan seksual, penelantaran, perundungan, masalah kesehatan, masalah pendidikan dan masalah sosial.
Untuk mengatasi berbagai persoalan yang terjadi terhadap anak maka diperlukan kerja sama semua pihak untuk mengintegrasikan berbagai program dan kegiatan yang responsif dalam pemenuhan hak-hak anak dan perlindungan anak.” Ujarnya.

Menutup penyampaiannya, Poly berharap agar giat hari ini dapat menjadikan anak-anak Tanimbar sebagai agen perubahan, inspirasi dan aset masa depan bangsa.

“Melalui kegiatan ini, kita sedang mempersiapkan anak Tanimbar yang cerdas dan mampu bersaing di masa mendatang. Kami berharap, anak-anak Tanimbar dapat menjadi agen-agen perubahan dan inspirasi bagi teman-teman di sekitar. Kalian adalah aset masa depan bangsa. Jadilah panutan dengan sikap, perilaku serta karakter yang baik. Jadilah pribadi yang tangguh, berakhlak mulia, berintegritas dan semangat dalam meraih cita-cita. Jadilah pelapor dan pelopor yang dapat membantu menyampaikan hambatan dan keluhan terkait hak dan perlindungan anak.” Tutupnya.

Hadir dalam acara pembukaan Pelatihan Anak sebagai Pelopor dan Pelapor di Kabupaten Kepulauan Tanimbar Tahun 2024 selain Asisten Bidang Administrasi Kepulauan Tanimbar, juga turut hadir para staf ahli, asisten dan pimpinan OPD Kabupaten Kepulauan Tanimbar, para narasumber yang berasal dari Deputi Bidang Pemenuhan Hak Anak Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI, Polres Kepulauan Tanimbar, Kejaksaan Negeri Kepulauan Tanimbar, Pengadilan Negeri Kepulauan Tanimbar dan Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Kabupaten Kepulauan Tanimbar. Selain itu hadir juga para kepala sekolah tingkat SMP, SMA/K Kabupaten Kepulauan Tanimbar dan para tokoh agama serta para peserta yang berasal dari anak dan remaja agama Katolik, Protestan dan Muslin di Saumlaki, Olilit dan Sifnana.

Reporter : (TT 06)
Editor : Redaksi

RELATED POSTS

error: Content is protected !! Call : PT. MediaTifa Tanimbar
Hubungi Kami ?