Bulurdity : Perayaan HUT Pelindung Gereja Harus Dirayakan dengan Penuh Kegembiraan

October 1, 2024
Atubul Dol_W. Bulurdity

Berita Kabupaten Kepulauan Tanimbar

Atubul Dol, mediatifatanimbar-Merupakan kegembiraan tersendiri bagi umat Katolik stasi Atubul Dol yang memiliki kesempatan untuk merayakan salah satu perayaan iman. Alasan kegembiraan tersebut atas perayaan Hari Ulang Tahun Santo Pelindung Stasi yang memilih nama Santo Gabriel sebagai santo pelindung. Ungkap Welhelmina Bulurdity, selaku Ketua Panitia, pada di sela-sela sambutan pada upacara syukur pada, 29/9/2024.

“Tanggal 29 September 2024 adalah hari dimana seluruh umat merayakan dengan penuh sukacita. Ini adalah perayaan iman. Harus dirayakan dengan penuh kegembiraan.” Ungkap Bulurdity.

Perayaan iman umat tersebut dirayakan dalam puncak Ekaristi Kudus yang dipimpin oleh Pastor Paroki Santo Petrus Paulus Lorulun, RD. Paulinus Serin.

Diketahui bahwa setiap kelompok persekutuan teritorial/kewilayahan umat Katolik memiliki beberapa tingkatan, antara lain : Keuskupan (dipimpin seorang Uskup), kemudian di bawah keuskupan adalah paroki (dipimpin seorang Pastor paroki), dan terakhir adalah Stasi (wilayah yang ada di dalam paroki yang tidak selalu terdapat pastor, dan masih tergantung pada paroki).

Gereja Santo Gabriel stasi Atubul Dol adalah bagian dari gereja paroki Santo Petrus Paulus Lorulun. Berada pada wilayah Kabupaten Kepulauan Tanimbar – Maluku Barat Daya, Keuskupan Amboina.

Lebih lanjut, Welhelmina mengungkapkan bahwa dasar pelaksanaan kegitan HUT tersebut mengacu pada dua hal penting.

“Pertama, Program Kerja Dewan Pastoral Stasi (DPS) periode 2023-2024. Kedua, rapat pembentukan panitia HUT Pelindung GerejaSstasi Atubul Dol yang telah dibentuk pada tanggal 25 Agustus 2024.” Ungkap Bulurdity.

“Dan dalam rangka merayakan HUT Pelindung Gereja tersebut, panitia perayaan melakukan berbagai kegiatan lomba yang diikuti umat stasi di setiap rukun.” Lanjut Bulurdity.

Lebih lanjut terangnya, berbagai lomba yang dipertandingkan antara lain : bidang olahraga (voli putra-putri, gawang mini dan lomba menarik lainnya). Bidang liturgi (Cerdas Cermat Alkitab, doa spontan, baca Kitap Suci dan membawa renungan). Bidang kesenian (karoeke dewasa, senam poco-poco tingkat dewasa dan anak).

“Semunya perlombaan berlangsung selama tiga (3) minggu dan dipusatkan di Stasi Atubul Dol yang berakhir pada tanggal 28 September 2024,” Katanya.

Menutup penyampaiannya, Bulurdity berharap perayaan iman yang setiap tahun dirayakan ini dapat meningkatkan iman umat dan kebersamaan dalam hidup yang nyata, terkhusus di dalam lingkup stasi Atubul Dol.

(TT – 06)

RELATED POSTS

error: Content is protected !! Call : PT. MediaTifa Tanimbar
Hubungi Kami ?