Anmaning Konstatering Putusan PK No.1003 Antara Penggugat Jefrry Yaran & Tergugat Resa Fordatkosu

June 3, 2024
IMG-20240603-WA0242

Berita Kabupaten Kepulauan Tanimbar

Saumlaki, mediatifatanimbar.id- Garlos Falirat.SH.,MH yang adalah Kuasa Hukum dari Resa Fordatkosu menyatakan bahwa no viral no justice artinya “sesuatu kasus jika tidak di viral dimedia tentu tidak akan di Ketahui Dan Tidak Memperoleh Suatu Kedilan Yang Hakiki? ” tetapi viral sesuatu kasus ke media tentu menjadi pembelajaran ( edukasi Hukum Serta Eksaminasi Para Anilisa ) Dari Berbagai Kalangan Akademik yang Di Ketahui Secara Obyektif Oleh Masyarakat. Ungkap Garlos kepada media ini bertempat di Kantor Redaksi Media Tifa Tanimbar Sabtu 02/05/2025 pkl 19.27 Wit

Menurut Kuasa Hukum Garlos, apa yang dirinya lakukan hal ini, hanya semata mencari keadilan Yang Hakiki Dan Kepastian Hukum Serta Kemanfaatannya Pada Kasus tanah yang ditanganinya sudah cukup lama dari tahun 2020 hingga saat ini. Kini masuk pada Konstatering yaitu masuk pada pencocokan batas-batas tanah menuju pada eksekusi.

Saya Kuasa Hukum dari Resa Fordatkosu, benar-benar sangat keberatan dan sangat muak Atas kerancuan dengan perkara/kasus tanah ini yang katanya ada pasca tahapan eksekusi oleh Pengadilan Negeri Saumlaki.

Dapatlah Saya Menguraikan secara Singkat Kronologis perkara ini, di Mana Ada 3 (tiga) kepemilikan lahan yeng berbeda antara lain; Satu, Jeffri Yaran sebagai pengguat yang dinyatakan telah menang telah memiliki surat pelepasan tahun 2019. Satunya lagi dimiliki klien saya Resa Fordatkosu akta jual beli tahun 2017 dengan 2019 Di Notaris ( PPAT). Sedangkan yang satu lagi dimiliki oleh Andreas Sikafir selaku warga desa Lauran yang Saat inipun Juga memilik sertifikat asli ( SHM) yang masih aktif.

Adanya Putusan ini, tentu saya sebagai kuasa hukum jadi bingung, mengapa? Karena perdebatan dalam persidangan-Persidangan Yang Kita Lalui, saya menguji legalitas terkait kepemilikan tanah ada 2(dua) obyek tanah yang berbeda. jadi jelasnya ada 2 penjual Tanah yang berbeda dan 2 (dua) pembeli yang berbeda pula, yaitu Ibu Hendrika Masela Jual kepada Resa Fordatkosu dengan akta jual beli dengan kwitansi Jual Beli yang jelas, sedangkan Andreas Sikafir Sebagai Pemilik Awal Dianggap jual kepada Jeffri Yaran dengan surat pelepasan.

” Sangat mirisnya berdasarkan fakta-fakta hukum dalam Surat Pelepasan yang dibuat oleh Jeffri Yaran dan Andreas Sikafir Dianggap Telah menggabungkan dua lahan (objek) tanah itu menjadi satu Obyek Atas kepemilikan Sdr Jeffri Yaran. untuk Itu dengan Fakta Ini Kami merasakan Hak-hak kepemilikan kami Telah Di Lewati/Diabaikan, sehingga patut kami mencari Dan Memperoleh Satu keadilan.” Untuk Itulah keadilan dan kebenaran Bisa kami Dapat Dan miliki di persidangan Pengadilan Negeri Saumlaki.
Untuk Mendukung Bukti-bukti, saksi-saksi batas tanahpun Telah menjelaskan bahwa Tanah Yang Di Klaim Milik Sdr Jeffri Yaran Berdasarkan Surat Pelepasan itu Sebenranya Tidak ada, karena Menurut Keterangan Saksi-Batas yang di Hadirkan Langsung di Tempat PS Maupun Sidang Pemeriksaan saksi Fakta menerangkan tanah sesuai pelepasan itu bukan satu obyek, tetapi ada dua obyek Tanah Yang Berbeda-beda dan keterangan Sdr Andreas Sikafir Sebagai Pemilik Tanah Awal Serta Penjual Kepada Sdr Jeffri Yaran meyakinkan itu Dalam Persidanga bahwa tanah yang di milik Jeffri Yaran bukan Jumlah Keseluruhannya 1.520 M2 berdasarkan pelepasan yang dibuat Jefry Yaran. Karena telah di Keluarkannya Hak milik sertifikat (SHM) oleh Kantor Badan Pertanahan Nasional kepulauan tanimbar itu Saya Andreas Sikafir 20 m X 40 m2.” Sehingga niat PN untuk melakukan eksekusi perlu ditinjau kembali putusan tersebut, mengapa? Kerena Putusan Yang Di Miliki Oleh Sdr Jeffri Yaran tidak sesuai fakta Obyek di Lapangan ( Ultra Petita ) yang Bisa Menimbulkan Non Eksekusi Dalam Perkara Ini, Yang Akan Menimbulkan adanya Hak-Hak Baru dari Pihak Ke 3 Itu Ada.
Belum Lagi Dapat Kita Konfrontir Putusan Tersebut Dengan Jumlah Keseluruhan Lebar Dan Panjang Dalam Putusan Tersebut Sangat bertentangan Dengan apa Yang kita Lihat Secara Fakta di Obyek Perkara.
Untuk Itu Saya Merasa Sudah sesuai Dengan instrumen Hukum Pemdes Lauran Telah Mengajukan keberatan Untuk penundaan Eksekusi, Atas Kerancuan Batas-batas Tanah Yang Dianggap oleh desa isi putusan Tersebut Jauh berbeda Dari Dena Desa Yang Miliki Kapasitas Sebagai Institusi Dalam Hal Ini memiliki Wilayah Hukum Administrasi untuk Menentukan hak-Hak Masyarakat Lauran Dalam Kepemilikan Tanah. Ujar Garlos.

Terkait rencana Eksekusi Putusan lahan yang Masih di Anggap bersengketa itu. Dirinya tentu tidak akan tinggal diam dan dengan akan melakukan upaya hukum apapun baik di tingkat daerah maupun dipusat tetap di tempuh demi keadilan. Mengapa? Saat persidangan saya Kuasa Hukum dari Resa Fordakosu Telah Menanyakan saksi Ibu IMELDA SIKAFIR dan penegasan Dua Kali untuk minta panitra mencatat dengan Pertanyaan saya ” apakah Saudara Saksi pernah membuat, Menandatangani Suatu kwitansi jual Beli maupun Ada Kuasa Dari Sdr Andreas Sikafir Untuk Menerima Maupun Tandatangan Suatu kwitansi Jual beli Dalam Objek Perkara Sdr Jeffri Yaran Dengan Sdr Andreas Sikafir….?????
Secara lantang dalam persidangan Ibu IMELDA menjawab, tidak Pernah lihat dan tidak pernah membuat, dan menandatangani Kwitansi Jual Beli Apapun Dengan Andreas Siakafir, ujar Imelda dalam persidangan disaat itu.

Mengingat pernyataan jelas dari IMELDA, menyangkal tidak pernah melihat dan tanda tangan KWITANSI Bahkan tidak Pernah pun melihat dalam keterangannya pada persidangan di Pengadilan Negeri Saumlaki yaang di pakai oleh Jefry Yaran Dalam Bukti (Nocum) PK , yang kemudian dipastikan hakim menetapkan keputusan pemenangan kepada Jefry Yaran Melalui PK Tersebut.

Dengan Putusan PK Nomor 1003 MA RI Ini seakan tidak bisa menjamin sebuah Kepastian Hukum bagi klien kami, namun Putusan Ini akan menimbulkan banyak celah hukum yang menjamin hak-hak Klien kami baik dari segi Hukum maupun fakta.
Ada juga fakta Hukum Yang terungkap, dugaan adanya Pemalsuan Relas Panggilan sidang PK tersebut yang di lakukan oleh juru sita Pengadilan Negeri Saumlaki dalam proses pemberitahuan kehadiran kami sebagi pihak termohon PK. Jelas GARLSO FALIRAT, SH., MH.
Tutupnya.

Reporter : (TT-03)

Editor.     : Redaksi 

RELATED POSTS

error: Content is protected !! Call : PT. MediaTifa Tanimbar
Hubungi Kami ?