Saumlaki, mediatifatanimbar.id – Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kabupaten Kepulauan Tanimbar terus berupaya mengatasi gangguan aliran air bersih di sejumlah titik. Direktur PDAM, Sony Hendra Ratissa, menegaskan pihaknya kini intensif berkoordinasi dengan Dinas Cipta Karya serta konsultan untuk mempercepat proses perbaikan.
“Semua langkah kami atur secara hati-hati, termasuk soal pembiayaan. Kami minta masyarakat bersabar karena perbaikan jaringan air ini sedang kami fokuskan,” ujar Ratissa di Saumlaki, Selasa (20/8/2025).
Sebagai bentuk komitmen meningkatkan pelayanan, PDAM melakukan perbaikan pada titik-titik jaringan yang bermasalah.
Menurut Ratissa, koordinasi dengan Dinas Cipta Karya dan konsultan penting untuk menjamin efisiensi sekaligus efektivitas perbaikan.
“Ini bukan pekerjaan yang bisa selesai secepat membalik telapak tangan. Diperlukan kehati-hatian agar hasilnya benar-benar maksimal,” jelas mantan Ketua Komisi C DPRD KKT itu.
Menanggapi keluhan masyarakat dan kritik yang ramai di media sosial, Ratissa menyebut hal itu wajar sebagai bentuk kontrol publik. Namun, ia berharap kritik disampaikan dengan konfirmasi agar tidak menimbulkan kesalahpahaman.
“Saya menyadari kritik itu bagus untuk pejabat publik, tapi jangan sampai hanya membangun isu ketidakpercayaan. Sebelum menjabat pun saya sering mengkritik seperti rekan-rekan yang lain,” katanya.
Putra asal Tanimbar Utara itu menargetkan perbaikan jaringan air di beberapa titik segera rampung setelah koordinasi teknis dengan Dinas Cipta Karya dan konsultan diselesaikan.
“Sekali lagi saya mohon masyarakat bersabar. Kami meminta maaf bagi pelanggan yang mungkin belum terlayani optimal, tapi kami berkomitmen mempercepat perbaikan demi pelayanan yang lebih baik,” tutup Ratissa.
(TT-02)