Hotman Manunwembun Minta Pj.Bupati Tanimbar, Transparan Soal Nama Para Calon Sekda yang Di Ajukan Ke Gubernur Maluku

March 26, 2024
IMG-20240326-WA0276

Berita Kabupaten Kepulauan Tanimbar.

Saumlaki, mediatifatanimbar.id-
Salah satu tokoh pemuda Tanimbar Hotman Manunwembun mengatakan bahwa, belakangan ini begitu ramainya tanggapan publik terkait nama para Calon Sekda yang diusulkan Penjabat Bupati Kepulauan Tanimbar Piterson Rangkoratat kepada Gubernur Maluku, hal ini patut disampaikan  secara transparan agar diketahui publik juga. ungkap Hotmn  kepada wartawan media ini, Rabu, Selasa 26/03/2024.

Menurut Hotman, terkait hal tersebut, harus dibuka secara transparan terlebih dari sisi proses. Harus transparan, semua orang bisa akses termasuk media mengikuti perkembangan prosesnya dari awal sampai akhir, namanya juga terbuka, tidak boleh ada yang ditutup-tutupi,” Kata Hotman Manunwembun, aktifis Pemuda Tanimbar.

Dia mengatakan sekretaris daerah juga merupakan pimpinan tinggi yang apabila jabatan itu kosong maka harus segera dilakukan pengisian jabatan dengan melibatkan koordinasi kepala daerah di tingkat provinsi.

Selain itu juga, melibatkan langsung unsur pemerintah provinsi, badan kepegawaian, akademisi, hingga Lembaga Administrasi Negara dan Publik. Jadi seleksi sekda itu pada prinsipnya seleksi terbuka, terbuka juga bagi pesertanya. Semua pegawai sepanjang ASN itu memenuhi syarat, baik dari dalam maupun luar, itu bisa saja ikut diusulkan, dari luar kabupaten, kalau memang ada yang berminat dan memenuhi syarat ya silakan.  Kata dia

Hotman juga menyesalkan mengapa Pj Bupati KKT  tidak menyampaikan pengumuman resmi terkait nama-nama yang diusulkan sebagai calon Sekda Kabupaten Kepulauan Tanimbar.
“Mengapa sulit diumumkan, patut ketahui bahwa aturannya harus diumumkan secara terbuka”, sehingga jika ada calon yang bermasalah, bisa kita laporkan. Selain itu bagi siapa yang terpilih itu hak prerogatif sepenuhnya dari pejabat pembina kepegawaian dalam hal ini Pj Bupati, atas dasar kajian dari berbagai seperti; kompetensi, pengalaman, kinerja, integritas dan lainnya. Siapa yang terbaik ya silakan dipilih,” pungkasnya.

“Ketika menjawab sejumlah pertanyaan Hotman menyebutkan, ada beberapa nama yang dipublikasikan sehingga ada juga tanggapan masyarakat. Menurut dia, Sebut saja Kadis Kominfo, Bapak Fredek Batlayeri, Kepala Bappeda Bapak Alowisius Batkormbawa, Kepala BPKSDM Johanis Batseran, Assisten I Bapak Dodo Hutabarat. Mereka ini sudah senior secara kepangkatan, punya segudang pengalaman dan sudah siap tentunya dari segi administrasi kepegawaian saya yakin itu.” Ujarnya

“Untuk itu saya minta kepada Pj Bupati Tanimbar agar segera mengumumkan nama-nama Calon Sekda yang diusulkan ke Gubernur Maluku, sebab adanya keterbukaan itulah publik juga turut memberi tanggapan sehingga publik tidak kaget ketika ada nama yang diumumkan nantinya demi Bonum Commune di Kabupaten Kepulauan Tanimbar, tutupnya.

Reporter : (TT -03)

Editor.     : Redaksi 

RELATED POSTS

error: Content is protected !! Call : PT. MediaTifa Tanimbar
Hubungi Kami ?