Berita Kabupaten Kepulauan Tanimbar
Saumlaki, mediatifatanimbar.id- Bank Rakyat Indonesia (BRI) ” Cuci Tangan ” atas kehilangan uang dari rekening nasabah melalui aplikasi resmi bank tersebut aplikasi BRIMO . Dengan nasabah atas nama Bruno A.J. Kosaplawan. Ungkap dia kepada wartawan media ini Jumat (2/12/2022)
Tepatnya hari Rabu, 26 Oktober 2022, pukul 14:57:28 WIT, lewat sms notifikasi BRI (BRI-NOTIF) dan notifikasi (BRI-OTP) yang merupakan SMS notifikasi dari aplikasi BRIMO yang mana terjadi transaksi lewat aplikasi BRIMO milik nasabah Bank tersebut yang sama sekali tidak melakukan transaksi tersebut sebesar Rp 440.000.,
Selanjutnya pada hari Kamis, 27 Oktober 2022 dirinya melaporan ke kantor Cabang BRI Jln Ir. Soekarno-Saumlaki. Dirinya berharap agar pihak Bank dapat bertanggung jawab atas kehilangan uang direkeningnya. untuk itu, di bantu dan di proses dengan pemberian BRIcare Trouble Ticker Report kepada nasabah yang waktu prosesnya selama 20 hari.
Ketika berproses kembali lagi ke bank tersebut pada kurung waktu yang di tentukan yaitu 20 hari, ketika di layani oleh customer service (Ibu Yola) dan di jelaskan bahwa masalah tersebut masih di proses. Tetapi ada tuduhan kepada nasabah bahwa transaksi tersebut di lakukan sendiri oleh nasabah tersebut ke nomor rekening bank lain (yang bukan BRI) milik nasabah. Namun Jawab nasabah Kosaplawan selaku korban penculikan uang di rekening pribadinya di BRI Cabang Saumlaki menyatakan bahwa, “saya tidak punya nomor rekening lain atau tidak memiliki akun di bank lain selain bank BRI, jelas Kosaplawan.
“Kesal korban, terkait pembobolan uangnya di reking BRI Cabang Saumlaki, Kok lucu, ketika datang untuk melaporkan pertama kalinya, di sampaikan bahwa transaksinya itu atau uangnya masuk ke nomor rekening yang tak di kenal. Kok sekarang sudah lain cerita lagi penjelasannya bahwa ke nomor rekening bank lain (bukan BRI) atas nama saya Bruno A.J Kosaplawan.” Langsung ibu Yola diam sambil mengotak-atik komputernya terus katanya ” baik pak, nanti tunggu beberapa hari lagi. Karena saya sudah merubah status proses masalahnya agar lebih cepat.”
Selang beberapa hari kemudian, saya mendapatkan pesan WhatsApp dari BRI Info yang bunyinya “Berdasarkan analisa kami, transaksi bapak/ibu sudah sesuai ketentuan sehingga kerugian menjadi tanggung jawab NASABAH. ” Bahasa tersebut tujuan apa sebenarnya ? Kok, nasabah yang mengalami kerugian, justru nasabah yang ganti rugi. Ada apa dengan pihak BRI ? Bantu di proses ujungnya “Cuci Tangan juga.” Kata nasabah
Ini bukan soal jumlah uang yang hilang entah kemana di BRI Cabang Saumlaki. Tetapi, bagaimana tanggung jawab dan manajemen dari pihak BRI kepada nasabahnya melalui aplikasi miliknya sendiri.
Kalau begitu terus, yang senang dan merasa enak itu orang didalam Bank itu sendiri. Orang Bank selalu menganjurkan kepada nasabahy untuk menggunakan aplikasi BRIMO, tetapi sangat disayangkam merugikan nasabah juga, kasihan manajemen Bank seperti ini, ujarnya.
“Saya mengimbau kepada para nasabah di daerah ini ataupun dimana saja berada, lebih khusus kepada para nasabah Bank Rakyat Indonesia (BRI) Cabang Saumlaki, harus lebih berhati-hati dan selalu mawas diri atas modus yang dilakukan oleh Bank tersebut karena saya adalah korbanya. Kata Kosaplawan
Dirinya berharap, para nasabah pada Bank tersebut, bila perlu ganti bank untuk menabung ke Bank lain yang memiliki manajemen yang pro kepada nasabahnya, dari pada akhirnya bisa-bisa ada korban lagi seperti dirinya lagi, tandas Kosaplawan.
Reporter. MTT.03
Editor. Redaksi