Tegas &Tegas, Jika Pasien Disuruh RS Beli Obat di Luar, Serahkan Kwitansinya Ke RS untuk Kembalikan Uang Anda

April 14, 2024
IMG-20240414-WA0071

Berita Kabupaten Kepulauan Tanimbar.

Saumlaki, mediatifatanimbar.id- Salah satu toko penting Kesehatan menyatakan bahwa, ketika pasien disuruh beli obat di diluar Rumah Sakit, kembali dan serahkan kwitansi pembelian obat tersebut ke pihak Rumah Sakit untuk di kembalikan uang pasien, hal ini jika ditemukan wajib dilaksanakan oleh pihak Rumah Sakit. berita ini dilansir dari Tiktot Minggu 14/04/2024.
Agar menjadi perhatian warga Indonesia di Tanah Air.

“Menurut dia, pernah kah anda sakit atau keluarga sakit dan menjadi pasien di rumah sakit ?, dan mungkin saja pernah beli obat di luar Apotik Rumah Sakit ?, karena stoknya sedang kosong atau tidak ada sehingga di suruh harus belih diluar rumah sakit dengan biaya sendiri ?. Dengan demikian, dirinya menegaskan kwitansi pembelian obat di luar Apotik Rumah Sakit maka, di bawah kembali kwitansinya ke rumah sakit dan meminta kembalikan uang dimana bapak/ibu sudah sendiri tersebut.” Tandasnya.

” Kata Dia, mengapa harus Demikian?, karena menurut perintah Peraturan Kementerian Kesehatan Nomor. 28 Tahun 2014 tentang Pedoman Pelaksanaan Program Jaminan Kesehatan Nasianal (P3JKN) untuk tarif Inasibijis (INA-CBG) merupakan sebuah singkatan dari Indonesia Case Base Groups. menyatakan, Pembayaran ke Rumah Sakit dilakukan sistem paket, sudah termasuk biaya ruangan, biaya obat, jasa dokter dan lainya, menjadi kewajiban rumah sakit untuk menyiapkan semua jenis obat sesuai formula Rim nasional obat BPJS Kesehatan,” pungkasnya.

Bagi Rumah Sakit yang belum menyiapkan mekanisme pengembalian uang tersebut diharapkan segera menyusun dan menetapkan mekanisme pengembalian sehingga, pasien yang membeli obat sendiri diluar apotik rumah sakit uangnya dikembalikan. Bebernya

“Ketika ada ketahuan tindakan rumah sakit yang masih menggunakan pola seperti itu, AYO TEGUR, AWASI dan segera Laporkan, jika fasilitas kesehatan yang masih dan belum melayani dengan baik.”

Dengan dukungan bapak-Ibu, tentu telah membantu serta mendorong fasilitas kesehatan untuk memperbaiki layanannya menjadi lebih baik lagi kedepannya, Tutupnya.

Reporter : (TT-03)

Editor.     : Redaksi 

RELATED POSTS

error: Content is protected !! Call : PT. MediaTifa Tanimbar
Hubungi Kami ?